TUGAS ANALISA SISTEM ONLINE YANG BERHUBUNGAN DENGAN SIA
PERUSAHAAN: "TOKOPEDIA"
I.
DESKRIPSI
Tokopedia.com merupakan salah satu mall online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dan mall online. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Sejak diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.
Dengan
visi untuk "Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet",
Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan
Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan
memasarkan produk secara online.
Tokopedia.com
menawarkan jutaan produk yang terbagi dalam 21 kategori besar, meliputi:
·
Pakaian
·
Fashion & Aksesoris jam hello kitty
·
Kecantikan
·
Kesehatan
·
Rumah Tangga
·
Dapur
·
Perawatan Bayi
·
Handphone & Tablet
·
Laptop & Aksesoris
·
Komputer & Aksesoris
·
Elektronik
·
Kamera, Foto & Video
·
Otomotif
·
Olahraga
·
Office & Stationery
·
Souvenir, Kado & Hadiah
·
Mainan & Hobi
·
Makanan & Minuman
·
Buku
·
Software
·
Film, Musik & Game
Hingga
Januari 2015, terhitung lebih dari 1.200 kategori produk tersedia di Tokopedia.com.
Sistem
pembayaran di Tokopedia.com menggunakan sistem Rekening Bersama atau escrow. Dalam hal
ini, Tokopedia.com berperan sebagai pihak ketiga yang menengahi antara penjual
dan pembeli, sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak penipuan.
Hingga awal
tahun 2015, terdapat 5 metode pembayaran yang dapat digunakan untuk
bertransaksi di Tokopedia.com, antara lain Saldo Tokopedia, Transfer Bank serta
pembayaran instan seperti Mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash
dan BCA KlikPay.
Dan pada pertengahan 2015 ini, Tokopedia mendukung sistem pembayaran via Indomaret.
II.
TIPE SISTEM
Tokopedia
menggunakan tipe sistem Business-to-Cunsumer (B2C). Business-to-Consumers (B2C)
adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen,
seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum
secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan
memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk
melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya
menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai
pemakai atau pembeli. Selain itu karakteristik yang perlu menonjol dari B2C
adalah kemampuan untuk membuat sebuah direct relationship dengan consumer tanpa
campur tangan dari pihak perantara (distributor).
III.
MODEL SISTEM
Tokopedia
menggunakan model sistem Transaction Broker. Transaction Broker yaitu pembeli
dapat mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian, namun aktifitas bisnis
utamanya adalah memfasilitasi transaksi. Transaction broker menyediakan
mekanisme pembayaran third-party untuk para pembeli dan penjual untuk menetapkan
atau memutuskan sebuah transaksi. Misalnya : etrade, ameritrade, dll.
IV.
JENIS PENDAPATAN
Sampai
sekarang Tokopedia belum meraih keuntungan sama sekali (defisit), artinya dari
segi bisnis mereka belum bisa dibilang berhasil karena tidak ada profitnya. Mereka
mau terus menjalankan bisnis ini untuk memonopoli/mengusai sistem perdagangan
online di masa depan. Tokopedia ingin menjadi no. 1 di industri ini
(e-commerce) sehingga nantinya semua orang akan menjadikan platform ini sebagai
base/default untuk semua transaksi jual-beli online.
Namun
saat ini Tokopedia mulai melakukan beberapa cara untuk memperoleh keuntungan diantaranya yaitu Tokopedia TopAds
dan Gold Merchant. Tokopedia TopAds adalah fitur yang ditawarkan oleh Tokopedia
untuk mempromosikan toko ataupun produk dari toko, serta memungkinkan toko dan
produk yang dijual dapat dilihat dan dibeli oleh lebih banyak pembeli di
Tokopedia. Sedangkan Gold Merchant adalah fitur tambahan berbayar yang disediakan
untuk para penjual dan dapat memberikan kemudahan bagi penjual dalam mengelola
toko onlinenya. Fasilitas tambahan yang tersedia jika berlangganan Gold
Merchant ini antara lain: informasi toko fisik pada katalog, perhitungan kurs
dollar, penambahan admin untuk membantu mengelola toko, shop notes di halaman
produk dan halaman depan toko yang memudahkan pembeli mendapatkan informasi
tentang toko maupun produk Anda, serta tersedia pengurutan produk berdasarkan
"Gold Merchant".
Rediana (C1C015006)
KELOMPOK 6
KELOMPOK 6
Tidak ada komentar:
Posting Komentar