Selasa, 15 November 2016

TUGAS ANALISA SISTEM ONLINE YANG BERHUBUNGAN DENGAN SIA
PERUSAHAAN: "TOKOPEDIA"


I.                    DESKRIPSI
Tokopedia.com merupakan salah satu mall online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dan mall online. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Sejak diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.
Dengan visi untuk "Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet", Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.
Tokopedia.com menawarkan jutaan produk yang terbagi dalam 21 kategori besar, meliputi:
·         Pakaian
·         Fashion & Aksesoris jam hello kitty
·         Kecantikan
·         Kesehatan
·         Rumah Tangga
·         Dapur
·         Perawatan Bayi
·         Handphone & Tablet
·         Laptop & Aksesoris
·         Komputer & Aksesoris
·         Elektronik
·         Kamera, Foto & Video
·         Otomotif
·         Olahraga
·         Office & Stationery
·         Souvenir, Kado & Hadiah
·         Mainan & Hobi
·         Makanan & Minuman
·         Buku
·         Software
·         Film, Musik & Game
Hingga Januari 2015, terhitung lebih dari 1.200 kategori produk tersedia di Tokopedia.com.
Sistem pembayaran di Tokopedia.com menggunakan sistem Rekening Bersama atau escrow. Dalam hal ini, Tokopedia.com berperan sebagai pihak ketiga yang menengahi antara penjual dan pembeli, sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak penipuan.
Hingga awal tahun 2015, terdapat 5 metode pembayaran yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Tokopedia.com, antara lain Saldo Tokopedia, Transfer Bank serta pembayaran instan seperti Mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash dan BCA KlikPay. Dan pada pertengahan 2015 ini, Tokopedia mendukung sistem pembayaran via Indomaret.
II.                 TIPE SISTEM
Tokopedia menggunakan tipe sistem Business-to-Cunsumer (B2C). Business-to-Consumers (B2C) adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli. Selain itu karakteristik yang perlu menonjol dari B2C adalah kemampuan untuk membuat sebuah direct relationship dengan consumer tanpa campur tangan dari pihak perantara (distributor).
III.               MODEL SISTEM
Tokopedia menggunakan model sistem Transaction Broker. Transaction Broker yaitu pembeli dapat mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian, namun aktifitas bisnis utamanya adalah memfasilitasi transaksi. Transaction broker menyediakan mekanisme pembayaran third-party untuk para pembeli dan penjual untuk menetapkan atau memutuskan sebuah transaksi. Misalnya : etrade, ameritrade, dll.
IV.              JENIS PENDAPATAN
Sampai sekarang Tokopedia belum meraih keuntungan sama sekali (defisit), artinya dari segi bisnis mereka belum bisa dibilang berhasil karena tidak ada profitnya. Mereka mau terus menjalankan bisnis ini untuk memonopoli/mengusai sistem perdagangan online di masa depan. Tokopedia ingin menjadi no. 1 di industri ini (e-commerce) sehingga nantinya semua orang akan menjadikan platform ini sebagai base/default untuk semua transaksi jual-beli online.
Namun saat ini Tokopedia mulai melakukan beberapa cara untuk memperoleh  keuntungan diantaranya yaitu Tokopedia TopAds dan Gold Merchant. Tokopedia TopAds adalah fitur yang ditawarkan oleh Tokopedia untuk mempromosikan toko ataupun produk dari toko, serta memungkinkan toko dan produk yang dijual dapat dilihat dan dibeli oleh lebih banyak pembeli di Tokopedia. Sedangkan Gold Merchant adalah fitur tambahan berbayar yang disediakan untuk para penjual dan dapat memberikan kemudahan bagi penjual dalam mengelola toko onlinenya. Fasilitas tambahan yang tersedia jika berlangganan Gold Merchant ini antara lain: informasi toko fisik pada katalog, perhitungan kurs dollar, penambahan admin untuk membantu mengelola toko, shop notes di halaman produk dan halaman depan toko yang memudahkan pembeli mendapatkan informasi tentang toko maupun produk Anda, serta tersedia pengurutan produk berdasarkan "Gold Merchant".

Rediana (C1C015006)
KELOMPOK 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis 10 E-Commerce

1.       Pegi-pegi (http://www.pegipegi.com) Pegipegi.com merupakan salah satu biro atau agen perjalanan berbasis online yang...